Setting All in One SEO Pack untuk Optimalisasi Web

Setting all in one SEO pack akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan website Anda. Terutama bagi Anda yang memulai dari blog. Jika sudah terbiasa membuat konten blog akan lebih mudah lagi membuat website untuk skala yang besar.

All In One SEO atau AIOSEO adalah plugin WordPress yang efektif untuk membantu penerapan SEO website Anda. Plugin ini tak kalah dengan plugin lain seperti Yoast SEO atau Rank Math yang juga populer di kalangan pengguna WordPress.

Salah satu kelebihannya adalah memiliki banyak fitur yang akan membantu upaya SEO dengan lebih praktis. Selanjutnya Anda akan dapat menerapkan optimalisasi web sendiri. Lalu bagaimana cara settingnya?

7 Langkah Setting All in One SEO Pack yang Benar dan Cepat

Anda dapat menggunakan Plugin ini secara gratis, sudah efektif mengoptimasi SEO dasar. Namun bisa juga menggunakan layanan berbayar yang tentu saja fiturnya lebih canggih. Bagi pemula memang sedikit sulit mensetting AIO SEO, maka disini kami paparkan langkah mudahnya.

  1. Install dan Aktifkan Plugin

Langkah pertama tentu harus memiliki plugin itu sendiri. Caranya dengan install, pada sidebar WordPress, klik Plugins kemudian Add New. Lalu tuliskan all in one SEO pack pada kotak pencarian. Klik install now, tunggu sampai proses selesai lanjutkan dengan klik activate.

Activate maksudnya untuk mengaktifkan plugin. Selanjutnya akan terbuka semua menu apa saja yang perlu dilakukan step by step. Mulai dari setup wizard, judul, deskripsi dan sebagainya hingga web siap.

  1. Setup Wizard

Setelah langkah pertama sampai pada aktivasi atau aktivasi, maka plugin sudah aktif. Selanjutnya halaman setup wizard muncul. Klik Let’s Get Started untuk mulai setup wizard. Penggunaan setup ini lebih memudahkan setting all in one SEO pack dibandingkan cara manual.

Dan tentu lebih cepat selesai karena semua tinggal pilih, centang, kemudian simpan hasil settingan. Ini sangat ideal diterapkan pada web baru pebisnis pemula. Tidak ribet dan bisa mengelola sesuai kebutuhan.

  1. Tentukan Kategori, Title, dan Meta Description

Kategori, Title dan meta description adalah pengaturan paling utama. Pada kategori website, ada beberapa pilihan yaitu Blog, Toko online, Website perusahaan, Portal berita, Bisnis offline dan Portofolio.

Bagaimana jika web Anda tidak masuk dalam satupun kategori yang tersedia? Maka cukup pilih “lainnya” atau “other”. Anda bisa memasukkan sendiri kategori sesuai tema dari website.

Setting all in one SEO pack selanjutnya dengan menentukan home page title dan meta description dengan scroll ke bawah terlebih dahulu. Title dan meta description merupakan judul serta deskripsi website yang ditampilkan pada hasil pencarian Google.

Format default-nya setiap judul website berisi site title, separator dan tagline. Tapi penggunaannya sendiri bisa disesuaikan. Anda bisa menggunakan site title dan tagline saja sudah sangat efisien karena pembaca tetap mendapatkan pesan positif.

Pada meta description, cukup pilih tagline atau dengan menuliskan deskripsi singkat website. Kemudian klik Save and Continue. Tahap ini sudah selesai, Anda memiliki meta description yang relevan.

  1. Tambahkan Informasi Website

Langkah setting all in one SEO pack selanjutnya adalah menambahkan informasi pada website. Untuk menambahkan informasi disesuaikan dengan tujuan pembuatan apakah sebagai web pribadi atau perusahaan. Sehingga tidak bercampur antara keduanya.

Website pribadi cukup ditambahkan dengan mengisi nama pemilik website, upload gambar pemilik, dan link akun media sosial. Jika web untuk perusahaan atau organisasi, isi nama perusahaan, nomor telepon, logo, dan gambar instansi, lalu klik Save and Continue.

Pada intinya web perusahaan meski komersial harus tampil rapi dan profesional. Ada alamat lengkap, jelas serta nomor kontak yang aktif dan bisa dihubungi. Ini menjadi salah satu penilaian pengunjung guna memastikan bahwa web kredibel.

  1. Pilih Fitur yang Akan Diaktifkan

Setting all in one SEO pack setelah penambahan informasi selesai Anda dapat mengaktifkan fitur yang ingin digunakan. Caranya beri centang di sebelah kanan fitur-fitur pilihan. Fitur dengan centang hijau adalah fitur default yang selalu aktif.

Sedangkan fitur warna biru sifatnya opsional. Beberapa fitur hanya tersedia untuk versi pro, jadi tidak bisa dipilih jika Anda menggunakan versi gratisan. Setelah selesai memilih fitur klik Save and Continue untuk melanjutkan.

Dalam memilih fitur ini usahakan efisien. Mana kira-kira paling dibutuhkan dan nantinya berguna. Memudahkan Anda memantau kinerjanya, juga efisien penggunaannya oleh para pengunjung web.

  1. Cek Tampilan Title dan Meta Description

Kelebihan all in one SEO pack lainnya dalam optimalisasi website adalah dapat membantu mengecek tampilan Title dan meta description. Ada simulasi untuk mem-preview hasil settingan sebelumnya. Panjang title paling ideal tidak lebih dari 60 karakter.

Karakter disini termasuk tanda baca dan spasi, bukan hanya huruf dalam kata. Kemudian Meta Description tidak lebih dari 150 karakter. Meta Description ini penting sebagai petunjuk apakah pencarian di mesin pencari relevan atau tidak.

Untuk memeriksanya klik bagian preview tampilan. Kolom title dan meta description hasil setting akan muncul. Jika Title all in one SEO pack menarik, kemudian deskripsinya juga relevan maka akan menarik minat pengguna internet.

Semakin banyak orang klik alamat situs, makin tinggi peringkat web. Maka dalam Title dan Meta Description harus ada kata kunci utama. Dalam penulisannya Anda dapat menghapus tag-tag tidak penting kemudian menulis title dan meta description secara manual.

Setelah selesai dengan Title dan meta description, scroll terus ke bawah. Ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab. Diantaranya, pilihan Under Construction apabila website masih dalam pembuatan, atau Live Site jika sudah siap.

Pertanyaan lain yang perlu dijawab adalah “Include All Post Types”. Ini untuk menentukan apakah Google diperkenankan mengindeks semua post type di website Anda (posts, pages, attachments).

Jika tidak diperkenankan karena alasan privasi dan sebagainya bisa memilih post type tertentu saja. Nantinya dari settingan ini maka Sitemap hanya berisi post pilihan Anda sebagai pemilik web.

Pertanyaan selanjutnya adalah “Do you have multiple authors?” Pertanyaan ini digunakan dengan tujuan untuk menegaskan situsnya dikelola pribadi atau tidak. Kemudian ada juga pertanyaan “Redirect attachment pages?”

Maksudnya untuk memberikan pilihan kepada Anda halaman attachment mana yang ingin di-redirect. Jika semua sudah ditentukan dengan benar, maka langsung klik save dan continue. Ini untuk menyimpan settingan.

  1. Masukkan License Key

License Key ini diperuntukkan bagi Anda yang menggunakan versi Pro All in One SEO. Sebagai verifikasi bahwa Anda berhak menggunakannya karena umumnya berbayar. Namun jika menggunakan versi gratisan cukup cukup klik Skip this step.

Meski menggunakan versi gratis, namun hasilnya tetap dapat optimal. Setelah bagian license key ini dilewati, selanjutnya Anda akan diarahkan pada menu untuk klik Finish Setup and Go to The Dashboard guna mengakses dashboard AIOSEO.

Pada tahap ini setting sudah selesai. Langkah selanjutnya Anda cukup memeriksa seperti apa kinerjanya. Cukup singkat dan mudah jika sudah masuk pada platform kemudian mengikuti langkah setting all in one SEO pack diatas.